Friday, June 13, 2008

Cerai


JANGAN PADA PARNO DULU N JANGAN ADA YANG BERANI-BERANI NEBAR GOSIP TENTANG GUE YANG BERHUBUNGAN DENGAN ENTRY INI KECUALI KALO UDAH IKHLAS KETIBAN BURUNG HANTU SURGAWI BENGKAK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Hhhh….

Begini nih susahnya punya temen2 tukang gosip n drama queens/kings, cuman mau posting blog harus dikasih warning dulu.

Mungkin salah gue juga kali ya, bikin entry yang judulnya kontroversial. Mwahahahaha… (Laler!!! Kapan kita bikin bikin cerita konspirasi lagi?)

Tapi susah deh, udah dikasi warning gitu pasti tetep aja ada yang nanyain apakah ada alasan-alasan yang lebih suram yang melatarbelakangi penulisan entry ini.

Oleh karena itu gue tegaskan sekali lagi… GAK ADA!!!

Phew… nah… mari kita mulai.

…………….

Gue mo ngomong apa tadi ya?

(Gubraks… Dito!!! Yang bener dong kalo mau nulis blog!!!!!)

Hehehehe…

So, sesuai dengan judulnya, gue emang mau ngomongin soal perceraian hubungan perkawainan.

Gue kadang pengen tahu, sebenernya apa sih jeleknya perceraian? Bukannya malah bagus ya? Kalo emang sehari-hari udah berantem mulu, sudah saling benci, sudah saling memaki dan menghina, bukannya lebih baik cerai sebelum terjadi hal-hal yang lebih parah?

Tapi kenapa masyarakat selalu suka menghina orang-orang yang memilih untuk cerai dari suami/istrinya?

Gue sebagai orang yang belajar hukum, jujur aja kadang lupa dengan esensi perceraian karena gue terlalu lama melihat perceraian sebatas sebagai sebuah peristiwa hukum. Gak lebih dari itu.

Temen2 gue selalu ingetin, “Cerai itu nggak enak Dit.”

Siapa yang bilang enak? Gue kan gak bilang enak. Tapi gue setuju kalo dibilang perceraian bisa menghasilkan sesuatu yang lebih baik, dan bahkan bisa menghindarkan semua pihak dari hal-hal yang lebih bahaya.

Mulai dari yang paling parah, yaitu salah satu dari pasangan suami istri membunuh pasangannya karena sudah tidak tahan lagi hidup dengan pasangannya karena pasangannya itu kalau tidur ngorok-nya seperti gledek. Kan lebih baik cerai daripada pasangannya itu akhirnya dibekap pake bantal.

Ada yang ngasih alternatif, yaitu pisah ranjang atau rumah. Menurut gue itu juga nggak efektif. Yang ada malah bisa mengundang dosa. Manusia kan punya kebutuhan rohani (gue nggak ngomongin seks ya) yang harus dipenuhi. Bisa saja sekedar punya special someone yang bisa kita telepon kapanpun kita mau. Lha kalo belum cerai dari pasangan tapi udah punya special someone, yang ada kan namanya perselingkuhan.

Meskipun contoh di atas baru perselingkuhan mental, tapi tetep judulnya perselingkuhan. Yang ada kan malah tambah runyam semua. Pisah rumah, trus si istri tahu kalo suaminya sering curhat sama perempuan lain, waks… yang ada tambah perang dunia.

Mumpung ngomongin tentang perselingkuhan mental, gue pengen tanya sama para cewek2, bener nggak sih kalau menurut ukuran cewek, perselingkuhan mental lebih parah daripada perselingkuhan fisik? Logikanya, kalo perselingkuhan fisik kan memang bisa karena berbagai alasan, terutama alasan2 biologis, lha kalo perselingkuhan mental mau pake alasan apa coba? Telpon mahal? Gak lihat tuh GSM udah pada perang tarif sampe2 antara telpon sama parkir mobil bisa lebih mahalan parkir. Parkir: sejam 2000, telpon:sejam 1800, malahan kalo mau nunggu agak malem sedikit bayarnya cuman 50 perak. Hehehehe… sekalian promosi nih.

Back to topic.

Mendingan cerai nggak sih? Masing-masing pihak jadi punya kesempatan lagi buat liat-liat pasaran yang ada. Siapa tahu kalo emang nasib mengijinkan, kan mereka bisa aja malah balik lagi.

Kadang gue bener-bener nggak ngerti deh. Nilai-nilai kesusilaan kan dibuat untuk kebaikan, tapi jaman sekarang kok malah dipakai untuk menghalangi sesuatu yang berpeluang untuk menghasilkan kebaikan, sehingga akhirnya malah mendorong semua pihak yang terlibat untuk melakukan sesuatu yang tidak baik.

Tujuan praktis dari nilai-nilai kesusilaan apa memang sudah mati ya?

Gue yakin kalo dosen-dosen gue baca tulisan gue ini, mereka pasti ngamuk2 ke gue. Nggak usah dosen2 gue, orang normal juga pasti langsung istighfar baca tulisan gue n mereka mikir kalo gue udah pasti jadi penghuni neraka.

Sorry men, kalo gue masuk neraka pasti bukan karena ini, tapi karena gue turut mendorong terjadinya krisis pangan dunia karena gue yang paling banyak menghabiskan persediaan pangan dunia. MWAHAHAHAHAHA….

Seiously though, agama gue Islam. Dan menurut Islam, perceraian adalah sesuatu yang halal (meskipun tidak disukai oleh Allah SWT).

Memang, perceraian bukan sesuatu yang menyenangkan seperti perkawinan, tapi kalau memang harus terjadi, kenapa harus dihalangi dan bahkan dihina?

Gue kadang jadi benci sama masyarakat kalau mereka sudah mulai kasak kusuk sendiri, ngejelek-jelekin perceraian. Tapi begitu terjadi hal yang tidak diinginkan, mereka malah bilang, “Kalo memang sudah separah itu, kenapa nggak cerai saja?”

Pengen gue tabokin bolak balik Jakarta Bogor tuh kalo ada orang yang ngomong kaya begitu.

Gimana mereka bisa cerai dengan nyaman kalau masyarakat selalu menghina orang-orang yang memilih cerai?

Gue udah sampe ubun2 ngedengerin orang-orang pada ngegosipin janda-janda atau duda-duda. Semua gosip diterbangin ke awan, eh begitu tahu kalo mereka jadi janda/duda karena pasangannya meninggal, baru deh sok menyesal. TELAT!!! Dosanya udah jadi woy! Udah dicatet sama malaikat!

Emang kenapa kalo mereka milih cerai? Apa terus karena mereka cerai, terus mereka semua adalah orang-orang ‘gatel’ gitu?

Paling bisa aja, ntar gak taunya dia cerai karena pasangannya abusive, suka nyiksa. Baru deh sok-sok nyesel lagi.

Pinjem omongannya dosen gue, CAPEK DECH!!!

Heran gue…

Ada kenalan gue yang akhirnya mau jujur sama gue tentang kenapa kok dia memandang jelek kepada perceraian. Dia bilang “Takut nular.”

PRAISE BE TO GOD!!!

Kok bisa segitunya?! Kok bisa-bisanya cerai dibilang nular? Lo kira ada virus cerai gitu?

Kalo ada tetangga yang cerai trus gak lama lo juga cerai dari pasangan lo, itu bukan karena ketularan, tapi karena lo sendiri yang gak bisa menjaga keutuhan rumah tangga lo sendiri.

Pathetic…

Kok gue jadi marah-marah ya? Hmm…

Gue sih cuman kasihan aja sama para janda/duda cerai. Mereka kan sekedar ingin mengejar kebahagiaan mereka sendiri. Kenapa harus jadi sasaran gosip gak bener sih?

Okay, sekarang ganti sudut pandang.

Gimana tentang anak dari pasangan yang cerai?

Pasti, pasti, pasti, pasti, pasti, PASTI, orang-orang langsung ngecap broken home. Apa bener begitu?

Apakah lebih baik buat anak-anak kalo mereka setiap hari harus nontonin orang tua mereka berantem sampe jotos-jotosan tiap hari? Nggak kan?

Gue udah saking muaknya sama masyarat, sampe-sampe gue dengan ikhlas seikhlas-ikhlasnya menganggap kalau kerusakan yang terjadi pada anak-anak dari keluarga yang cerai adalah karena masyarakat.

Karena masyarakat memandang rendah keluarga yang cerai, akhirnya berefek pada pergaulan si anak itu. Gimana mau nggak berpengaruh kalo setiap ada yang mau main pasti dilarang dengan alasan, “Kamu jangan main sama si Otong, emaknya kan cerai dari bapaknya.”

Kalo gue jadi anak yang dilarang itu, bisa gue suruh cuci mulut pake sabun colek tuh orang tua. Jaga tuh mulut. Ngajarin anak kok hal-hal nggak bener.

Gue punya nama buat sikap kaya gitu, gue nyebutnya paranoia publik. Ketakutan tidak beralasan yang didarita oleh masyarakat terhadap sesuatu keadaan. Gak tahu deh, orang-orang psikologi n ilmu sosial mau mengakui nama itu, itu mah cuman nama buatan gue doang.

Belom lagi, masyarakat kayanya belum bisa terima istilah “cerai baik-baik”. Menurut mereka itu absurd, sedangkan menurut gue justru masyarakatnya yang absurd.

Emangnya gak boleh orang pisah baik-baik? Siapa tahu yang cerai itu keluarga pengusaha, dan si suami sudah di ambang kebangkrutan, dan supaya uang si istri tidak dipaksa untuk dipakai membayar hutang si suami jadi mereka terpaksa pakai jalan cerai. Kalau harta istri terlindungi, keluarga mereka kan jadinya masih bisa makan, meskipun di hadapan hukum pasangan itu sudah bukan suami istri lagi.

Itu artinya mereka cerai baik-baik kan?

Bisa aja kan terjadi seperti itu? Mikir dikit kenapa sih?

Hhh… Capek gue marah-marah gini. Tapi mau bagaimana lagi? Gue nggak bisa merubah susunan nilai kesusilaan di masyarakat, jadi gue cuman bisa menulis saja.

Hahahahaha… Kok jadi serius ya? Hhh…

Ah well I suppose it has come to this... Such is life.

1 comment:

Unknown said...

Apa maksudnya tuh...punya temen2 tukang gosip n drama queens/kings? Berasa nih gue hehehe

Your question about mental affair...buat gue...hm...gimana ya? Sebagai seseorang yang memang punya temen cowok dan bukan pacar...yah gue sih kebayangnya kalo nanti gue (akhirnya) punya pacar, temen gue ini tetep bisa jadi best friend gue. Dan apa ini juga sudah termasuk mental affair? Soalnya, kadang memang harus dipikirkan juga, bagaimana JIKA pasangan kita yang memiliki kecocokan dengan kita hingga 80% sedangkan best friend kita yang hanya cocok 10% dengan kita, ternyata presentase kedekatannya nyaris menyamai pasangan kita sendiri? Ngerti gak?

Gini lho...kita emang dah cinta banget sama pasangan kita. She/He is the perfect one for us. Dah gak bisa ke lain hati lagi lah. Tapi, di satu sisi, kita juga punya orang lain selain pasangan kita yang bisa dibilang juga cocok sama kita. Meskipun cuma cocok di satu bidang atau di satu hal, tapi kalo bidang tersebut kemudian menjadi lapangan pekerjaan kita, yang berarti frekuensi bertemu-ngobrol-diskusi- pergi bareng-dll nyaris sama dengan pasangan kita, gimana?

Jadi susah 'kan?

Yah...mungkin tinggal seberapa percaya nya lu sama pasangan lu. Kalo lu yakin dia bisa lu percaya dan yakin juga bahwa another relationship yang dimiliki pasangan lu itu bukan affair...gue rasa gak masalah sih.

Soal cerai or not...well as a Catholic (meski udah lama gak ke gereja) udah pasti jawaban gue NO WAY MAN!!!

TAPI...
ya gue juga gak gila lah, lalu main tutup mata dan say NO to every divorce.

Gue gak ngerti soal hukum perceraian agama Katolik di Indo. Abis kalo ngeliat di luar (dari film mostyl) kayaknya mereka gampang juga kawin-cerai, jadi bingung.

Buat gue, sebuah perkawinan sudah tidak dapat dipertahankan lagi, jika terdapat KDRT di dalam perkawinan. Just like that. KDRT di sini udah pasti yang berbau-bau abusive lah...dari fisik maupun mental.

Soal affair...yah gak tralu gue masukkin dalam mental abusive...karena itu terkait lagi sama yang namanya CINTA KASIH dan MAAF. Gak bakal gue cerita panjang lebar lah...ribet dan jadi panjang. Cuma inget aja, bahwa cewek itu gampang memaafkan dibandingkan cowok.

Dan, kenapa cerai itu berkonotasi negatif, karena yang sering diumbar adalah tentang pasangan-pasangan yang saling selingkuh. Mana ada sih orang yang dengan blak-blak an bilang kalo dia DIceraikan karena suka gebukin istri? Atau bilang dia DIceraikan karena suka digebukin suami? Gak ada 'kan? Soal KDRT itu aja juga baru-baru ini aja 'kan orang berani bicara. Dulu? Mana ada lha ya!!

Jadi ya..berharap aja sepuluh tahun ke depan orang menganggap perceraian sebagai sesuatu yang liberate...asal jangan lalu menjadikan kawin cerai sebagai legalisasi untuk melakukan hubungan seks!

Soal anak-anak dari keluarga yang bercerai...udah pasti dibilang broken home lah, To...'kan emang rumahnya terpecah...bener 'kan? Sekarang tinggal bagaimana kita tidak mengasosiasikan broken home dengan kerusakan kepribadian seorang individu. Nah...itu tugas kita sebagai orang yang (mengaku) berpendidikan untuk meluruskan hal tersebut.

So...kenapa ini comment jadi panjang banget? Biasa lah Ze :)

Topik yang menarik To...untung gak dibahas di telp...pasti gak kelar 2 jam hahahaha